oleh

Putusan MA, Mantan Anggota DPRD Hipni Idris Tak Bersalah

lintasberita.id- Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan oleh mantan anggota DPRD Kabupaten Pesawaran Hipni Idris dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Menurut Penasehat hukumnya Tahura Malaganu mengatakan, MA sudah mengeluarkan putusan pada 13 Maret lalu, dimana kliennya tidak terbukti bersalah, dan resmi bebas. Setelah ini pihaknya akan melakukan upaya hukum kepada Kejati, dimana tuntutannya tidak terbukti.

Dengan adanya keputusan MA tersebut, Tahura Malaganu menuturkan pihaknya akan segera melakukan upaya hukum terhadap beberapa pihak.

“Kami sudah menyiapkan segala sesuatunya, dimana kami bakal melakukan upaya hukum kepada Instansi Kejaksaan, selain itu kita juga bakal mensomasi Bank Lampung dan menuntut secara perdata Bank Lampung dan Pidana kepada para saksi yang telah memberikan keterangan palsu,” jelas dia dalam pers rilis yang digelar Hipni Idris di Rumah Makan Kayu, Kamis (19/3/2020).

Dikatakan dia, dalam proses persidangan yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri Tanjungkarang beberapa waktu lalu, banyak kejanggalan, dimana dia ahli yang dihadirkan yakni ahli Pidana dan per-Bankan penyataannya tidak menjadi pertimbangan hakim.

“Putusan di PN Tanjungkarang tak menghiraukan dia saksi ahli, dimana perbuatan klien saya tidak masuk dalam ranah Pidana namun perdata, menurut ahli Pidana, sedangkan menurut ahli per-Bankan itu bukan masuk dalam undang- undang Tipikor, tetapi undang- undang per-Bankan,” kata dia.

Dilanjutkannya, usai putusan PN Tanjungkarang pihaknya mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Tanjungkarang namun hasilnya sama, dimana PT Tanjungkarang menguatkan putusan PN Tanjungkarang, lalu ia mengajukan kasasi ke MA sebagai upaya hukum.

“Alhasil kami mendapat jawaban, dan apa yang kami perjuangankan membuahkan hasil, dimana keadilan masih ada di Negara kita. Dan MA tidak tutup mata atas dalam memberi keadilan, kami sangat bersyukur dengan adanya putusan MA ini,” ujarnya. (Imron)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed