Headline

Realisasi Dana BOS SDN 1 Kagungan Diduga Menyimpang

Tanggamus, Lintasberita- Diduga ada ketidakwajaran dalam penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun Anggaran 2017 pada Sekolah Dasar Negeri 1 Kagungan, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus. Item yang diduga janggal terjadi pada pengeluaran perawatan sekolah.

Menurut sumber Bongkar Post, seluruh dana BOS di SD Negeri 1 Kagungan dikelola oleh kepala sekolah, sementara bendahara (Pak Maryadi), tidak difungsikan.

Ketidaktransparanan dalam pengelolaan dana BOS tahun 2017, menjadi pertanyaan masyarakat.

Sebab, penggunaan dana BOS sudah tentu harus mengacu pada aturan yang ada yaitu ada 13 item penggunaan dan itu harus pula dipertanggung jawabkan melalui laporan rutin pada menejer BOS.

“Harus dipertanggungjawabkan pula ketransparanan terhadap publik melalui LPJ BOS online,”kata sumber.

Namun apa jadinya, kalau pada ahirnya penggunaan dana BOS antara laporan dan realisasi tidak ada kesamaan.

“Seperti yang terjadi di SDN 1 Kagungan,”cetusnya.

Dugaan sementara, ada tindakan KKN yang dilakukan Kepsek SDN 1 Kagungan. Hal itu dilihat ketika wartawan melihat keadaan sekolah seperti ruang belajar murid yang pintunya sudah tidak ada lagi pegangan pintunya.

Pantauan wartawan, ada beberapa ruangan yang sudah tidak ada pegangan pintu, diduga sudah lama tidak diperbaiki.

Maryadi, selaku bendahara sekolah, saat hendak dikonfirmasi terkait pengeluaran dana BOS di 13 item di tahun 2017, tidak mau dikonfirmasi. Kuat dugaan ada unsur KKN, tidak jelas dan rancu. Penggunaan dana BOS tahun 2017, item nomor 7 yaitu perawatan sekolah.

“Saya belum bisa menjawab, karena saat ini kami dalam proses pemeriksaan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotaagung Tanggamus,” tandasnya, Jumat (2/3).

Lanjut Maryadi, kalau ada pemberitaan seperti ini, harusnya dikonfirmasi dulu. “Jangan tahu – tahu naik berita, seperti ada salah satu media harian yang memberitakan sekolahan kami terkait penggunaan dana BOS tanpa konfirmasi,” kata dia.

Malah seolah menantang, Maryadi meminta wartawan yang pernah memberitakan sekolahnnya untuk datang menemui dirinya. “Tolong suruh dia kesini temui saya. Saya ini juga mantan LSM,” cetusnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepsek SDN 1 Kagungan, Tujilah selaku penanggungjawab anggaran BOS, juga belum dapat dikonfirmasi, dengan alasan rapat. (red)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

24 − 22 =