Daerah

Serangan Hama Wereng, 60 Hektar Sawah Di Tubaba Terancam Gagal Panen‎

Hama wereng serang tanaman padi (ft. Doc net)

Tulangbawang Barat, LB-  Akibat diserang hama wereng, sekitar 60 hektare tanaman padi di Gunung Terang Kabupaten Tulangbawang Barat terancam gagal Panen.

Diantaranya sawah yang terletak di RK 1 Tiyuh Setia Bumi, Kecamatan Gunung Terang sudah hampir tiga tahun berturut-turut terkena dampak serangan hama wereng yang melanda hingga mengakibatkan gagal panen.

“Sudah sekitar tiga tahun ini sawah milik kami gagal panen akibat serangan hama wereng batang coklat ini,”  kata Purwanto Sekretaris Tiyuh setempat, Sabtu (16/3)‎.

Ia menambahkan, untuk mengurangi angka kerugian yang lebih besar, petani  setempat sudah berupaya  membasmi hama tersebut menggunakan pestisida, namun sebagian lagi hanya membiarkan saja dengan alasan dan pendapat yang berfariasi.

“Meskipun sudah di obati pakai pestisida tapi tetep aja,  malah ada yang dibiarkan saja, karena kalau di semprot malah makin tamban banyak,” paparnya.‎

Meski demikian, Purwanto menjelaskan bahwa ada sebagian petani yang sudah panen padi  lebih awal,  karena takut semua padinya habis terkena hama wereng.

“Ya daripada rugi banyak, mau bagaimana lagi terpaksa ada yang panen lebih awal, Apa lagi sekarang musim hujan jadi kalau banjir hama Werang nya itu naik semua ke atas.” jelasnya.

Kejadian yang telah berlangsung selama hampir tiga  tahun tersebut, Purwanto mengharapkan adanya perhatian dari Dinas terkait dan memberika bantuan obat pembasmi hama wereng yang di nilai sangat merugikan petani.

“Kalau sampai sekarang sih belum ada bantuan dari Dinas Pertanian, untuk itu kami sangat mengharapkan adanya bantuan obat pembasmi hama  ini, mengingat kejadian semacam ini sudah terjadi selama tiga  tahun ini,” pintanya. (Khoiri)

Add Comment

Click here to post a comment

51 − 49 =

Lintas Berita di Twitter