oleh

SMA Negeri 5 Bandar Lampung Gelar Ekskul Jurnalistik

lintasberita.id- Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Bandar Lampung, melakukan kegiatan Ekstra Kurikuler pendidikan dan pelatihan Jurnalistik kepada Pers Siswa SMA Negeri 5 (Persisma5) di ruang Multi Media Sekolah setempat, Sabtu (1/2/2020).

Dalam kegiatan yang bertemakan “Make Journalist Great Again” itu, Persisma5 mengundang langsung Pimpinan Redaksi dari Surat Kabar Lampung Barometer, Anton Kurniawan sebagai narasumber.

Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Bandar Lampung Hendra Putra, M.Pd. melalui Pembina Ekstra Kulikuler Persisma5, Nera Afriyose, S.Pd. mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal pernerbitan koran sekolah edisi semester tahun ini.

“Perhatikan dengan sungguh- sungguh, ini juga sebagai bekal untuk mencetak koran selanjutnya, sekaligus menjadi bekal agar kita menjadi siswa yang berkualitas,” kata Nera Afriyose.

Dia berharap, kegiatan ini bisa menjadi ajang edukasi sekaligus inspirasi dan juga bisa menambah wawasan Siswa.

“Semoga ini akan mengembangkan wawasan peserta didik, sehingga mereka bisa menjadi Siswa yang jujur, disiplin, mandiri dan pekerja keras. Selain itu, bisa menambah wawasan dalam pergaulan sehari hari,” harapnya.

Sementara itu, Anton Kurniawan menjelaskan, bahwa dalam membuat berita, seorang Jurnalis harus mampu menilai kelayakan sebuah informasi. Apakah layak atau tidak menjadi berita.

“Wartawan harus bisa menilai, apakah layak atau tidak informasi yang diperoleh untuk dibuat berita. Ada beberapa aspek yang harus menjadi dasar acuan, salah satunya Human Interest (Manusiawi). Dalam penulisan berita harus kita liat juga sisi sosialnya, apakah berita tersebut berdampak positif atau negatif terhadap masyarakat,” paparnya.

Lebih lanjut Anton Kurniawan menjelaskan, seorang Jurnalis harus melakukan cek dan ricek setiap informasi yang di dapat, sehingga berita yang dibuat akan tepat, lengkap, dan akurat. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed