oleh

Sungai Way Kiri Meluap, ‎Petani Pagar Dewa Terancam Gagal Panen Padi

Tulangbawang, LB-‎ Akibat meluapnya aliran sungai Way Kiri , mengakibatkan petani padi di sawah tadah hujan sekitar Wilayah Pagar Dewa, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) terancam gagal panen.

Dikatakan Husin sibow (41) saat ditemui dilokasi  lahan persawahan di wilayah Tiyuh Pagar Dewa, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Tubaba mengatakan,  dirinya terancam gagal memanen padi di lahan miliknya akibat terendam air.

“Kalau begini terus padi saya ini sudah pasti gagal panen, dari beberapa hari lalu memang lahan padi saya ini sudah terendam air akibat luapan sungai Way Kiri,” ungkapnya. Senin (18/2)

Ia menambahkan, kondisi tersebut memang diluar dari perhitungan waktu tanam yang memang selama ini di pakai. Bahkan luapan sungai tersebut terbilang lebih awal dari waktu yang biasanya.

“Tahun ini sepertinya berbeda dari perhitungan yang sering kita pakai mas. Jika mengingat dari tahun-tahun lalu seharusnya belum sekarang airnya naik, namun ini saat padi kami tinggal menunggu tua sudah terendam air hingga sebagian besar busukn,”  paparnya.

Terpisah Usman (36) membenarkan hal itu, menurutnya kondisi tersebut juga menimpa puluhan hektare lahan padi setempat lainya. Sehingga merekapun berharap adanya perhatian dari pemerintah setempat.

“Punya saya juga sudah terendam, bahkan semua puluhan hektare lahan milik kami para petani padi disini  bakal gagal panen,” timpalnya. (Khoiri)‎

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed