oleh

ADV: Terbentang Keindahan, 4 Wisata Andalan Kabupaten Pesisir Barat

Lintasberita.id- Pesisir Barat merupakan Kabupaten termuda di Provinsi Lampung yang mana hari ini usianya genap delapan tahun. Namum siapa sangka meski terbilang muda namun soal wisata pantai khususnya kabupaten yang berjuluk Negri Para Sai Batin dan Para Ulama ini jagonya. Biar gak makin penasaran yuk simak empat wisata andalan Pesisir Barat apa aja.

Labuhan Jukung

Keindahan sunset di Labju ini tidak kalah dengan pantai yang ada di Bali atau ditempat lain yang ada di Indonesia. Dengan pasir yang putih yamg lembut dan ombak yang memantang itulah yang menarik wisatawan domestik dan luar negeri untuk berkunjung ke pantai ini. Labuhan Jukung terletak tak jauh dari Kota Krui Ibukota Kabupaten Pesisir Barat wisata pantai ini tepatnya terletak di Pekon Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah.

Banyak juga fasilitas yang ditawarkan pantai ini dan cukup lengkap mulai dari spot matahari terbenam yang cantik, pusat kuliner khas Pesisir Barat yang nikmat, arena bermain yang luas, hingga spot surfing dengan ketinggian ombak yang cukup tinggi. Untuk wisatawan yang berasal dari luar Lampung di lokasi wisata juga sudah disediakan fasilitas penginapan, untuk area parkir pun tersedia cukup luas untuk mobil dan motor pengunjung sehingga cukup nyaman dam aman.

Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Barat merupakan pantai yang terkenal salah satu tempat surfing terindah di dunia, dengan posisi yang mudah dijangkau dan mudah diakses oleh para pesurfing dunia. Pantai yang memiliki struktur batuan dan tanjung yang khas secara alami sehingga menjadi surga tersendiri bagi para peselancar dunia.

Selain memiliki ombak yang bagus di Pantai Tanjung Setia ini, pengunjung bisa menikmati matahari tenggelam /sunset, sehingga menambah nilai eksotiknya. dari segi biologi, pantai ini merupakan tempat praktikum lapangan setiap tahun mahasiswa Pendidikan Biologi dari Universitas Muhammadiyah Metro melakukan penelitian biota laut di pantai ini mengenai segi keragaman hewan dan tumbuhan laut.

Pulau Pisang

Pulau seluas ±2.310 hektar ini menyuguhkan keindahan pantai yang begitu menakjubkan. Dengan pasir pantai yang putih halus dan bersih, Pantai Pulau Pisang akan membuat anda betah dan nyaman berlama-lama menikmati pemandangan laut yang luas diiringi hembusan angin khas pantai.

Selain keindahan pantainya yang mempesona, Pulau ini juga memiliki beberapa spot wisata lain yang sayang untuk dilewatkan. Spot yang paling sering dikunjungi adalah Pantai Dermaga. Pantai ini terletak di Pekon Pasar spot ini memiliki ciri khas yang tidak akan ditemukan di tempat lain, yaitu adanya tiang-tiang beton sisa bangunan dermaga yang rusak tergerus ombak namun itulah yang menjadi daya tariknya.

Gua Matu

Wisata ini tidak terlalu sulit untuk ditemukan, karena letak gerbang masuknya disebelah kiri Jalinbar Sumatera jika dari arah Krui. Memasuki gerbang, pengunjung disambut tenangnya suasana hutan, dan beberapa suara satwa khas sana. Untuk memasuki wisata Gua Matu, pengunjung tidak dikenai tiket masuk, melainkan memberikan uang seikhlasnya kepada juru kunci yang akan memandu wisata anda.

Namun sebelumnya. FYI nama Matu sendiri merupakan sebutan bagi mahluk gaib penguasa laut sana, seperti halnya Nyi Roro Kidul sebagai penguasa Laut Selatan yang dipercayai oleh masyarakat Pulau Jawa. Masyarakat setempat pun memercayai di Gua Matu ini menjadi tempat pertemuan 12 Kerajaan Matu (penguasa laut), inilah mengapa tempat ini begitu popular untuk dikunjungi dna menjadikannya sebagai wasata supranural.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Gunawan berharap di usia Pesisir Barat yang kedelapan ini, semoga apa yang dicita-citakan bisa terlaksana dan menjadikan Pesisirr Barat berdaya saing hingga ke level internasional.

“Besar harapan kami ditahun mendatang sektor pariwisata khususnya bisa semakin maju dan kerjasama para stakeholders pariwisata semakin kokoh dan solid,” ujarnya saat dikomfirmasi, Rabu (21/4/2021). (Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed