oleh

Tiyuh Murni Jaya Jadi Pilot Project Smart Village Provinsi Lampung 2020

Lintasberita.id- Sebagai bentuk sinergitas dan integrasi program pembangunan Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota dengan mengedepankan pemberdayaan masyarakat desa sebagai salah satu ujung tombak pembangunan di daerah. Tiyuh (Desa) Murni Jaya, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menjadi salah satu desa yang ditetapkan sebagai Pilot Project Smart Village Provinsi Lampung tahun 2020.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Lampung dengan Nomor: G/22B/11.02/HK/2020 tentang penetapan lokasi sasaran pilot project smart village dalam rangka mewujudkan visi Gubernur Lampung Tahun 2019-2024 Rakyat Lampung Berjaya, maka perlu dilakukan sincrgitas dan integrasi program pembangunan Provinsi dan Kabupaten /Kota dengan mengedepankan pemberdayaan masyarakat desa sebagai salah satu ujung tombak pembangunan di daerah.

Mengingat untuk lokasi sasaran Pilot Project Smart Village adalah Desa/Pekon /Tiyuh dengan kategori maju dan berkembang berdasarkan Indeks Desa Membangun.

Dikatakan Japri, Kepala Tiyuh Murni Jaya, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tubaba, bahwa ditetapkannya Tiyuh Murni Jaya sebagai salah satu Pilot Project Smart Village Provinsi Lampung tahun 2020 tersebut sebagai upaya mendorong tata pemerintahan desa yang baik, memperkuat partisipasi masyarakat desa dan kelembagaannya, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat desa guna perwujudan kesejahteraan umum, Pemerintah Provinsi Lampung menetapkan program Smart Village sebagai agenda kerja daerah yang dapat mendukung pembangunan di desa.

“Ini menjadi suatu kebanggaan juga buat kami, bahwa untuk melaksanakan agenda Smart Village tersebut, Sebagai langkah awal program, pada tahun 2020 perlu ditetapkan lokasi sasaran yang menjadi Pilot Project Smart Village Provinsi Lampung, dan diKabupaten Tubaba ini hanya dua Tiyuh saja yaitu Tiyuh kita Murni jaya Kecamatan Tumijajar dan Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulangbawang Tengah,” ungkap Japri saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (2/11/2020).

Japri menambahkan, bahwa sehubungan dengan maksud di atas, agar pelaksanannya berjalan dengan tertib, terkoordinasi, berdayaguna dan berhasilguna, untuk itu dirasa perlu menetapkan Lokasi Sasaran Pilot Project Smart Village Provinsi Lampung Tahun 2020 dan menetapkannya dengan Keputusan Gubernur Lampung.

“Jadi nantinya baik bidang pelayanan, pemberdayaan, bidang keuangan, BUMdes, UMKM bisa terintregrasi dengan bidang IT yang ada di Tiyuh kerena leading sektornya adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi manfaatnya masyarakat akan lebih mudah mengakses dan mengetahui kegiatan Tiyuh, serta tiyuh kedepannya juga akan lebih mudah memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan melalui Website Tiyuh (Desa),” jelas Japri. (Khoiri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed