Daerah

Wabup Tanggamus Tinjau Pasar Talang Padang, Bau Sampah TPS Menghilang

Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafii (baju putih) (ft.istmw)

Tanggamus, LB-  Akhirnya tumpukan dan bau busuk sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Pasar Talang Padang menghilang.

Sebagaimana diketahui, permasalahan sampah ini telah menjadi persoalan yang mengganggu di pasar tersebut, baik bagi pedagang maupun pengunjung atau orang yang melintasi TPS tersebut.

Hal itu tak luput dari perhatian Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafii, dimana pada hari Jum’at (1/2), Wabup juga telah melakukan peninjauan ke Pasar Talang Padang. Saat itu Camat Talang Padang Herli Rahman beserta OPD terkait tengah bersama – sama melakukan pengerukan sampah di TPS tersebut. Namun dikarenakan kondisi sampah yang telah memadat, sehingga pengerukan tidak rampung dilaksanakan.

“Baru pada hari ini semua sampah di TPS dapat kita keruk, setelah dibantu dengan excavator bantuan dari Dinas PU dan dumptruck dari LH (Dinas Lingkungan Hidup). Bahkan pak Wabup juga ikut turun meninjau langsung prosesnya. Sampah disana memadat akibat banyaknya puing-puing bangunan bekas bongkaran pasar dulu, sehingga sampah terjebak di sela-sela puing dan menimbulkan bau busuk. Sekarang semua sudah tuntas, sampah sudah bisa dibuang semua dan bau juga sudah hilang,” ujar Herli, usai pengerukan TPS, Selasa (5/2).

Sementara, Wabup Hi. AM. Syafii mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Camat Talang Padang beserta OPD terkait. Beliau juga meminta Camat dan pihak terkait agar melakukan pengawasan dan pengelolaan sampah di Pasar Talang Padang dengan baik.

“Ke depan saya minta Camat dan OPD terkait, agar melalukan pengawasan dan pengelolaan sampah ini dengan baik. Agar jangan sampai permasalahan serupa terulang kembali, sehingga pasar selalu bersih dan nyaman bagi pedagang maupun pembeli,” ujar Wakil Bupati.

Adapun warga Talang Padang, menyambut gembira atas tuntasnya pengerukan sampah di TPS tersebut. Seperti yang diungkapkan Ujang, sampah tersebut sangat mengganggu karena bau yang sangat menyengat, terlebih di waktu musim penghujan.

“Tentunya kami sangat senang sampah di TPS itu dibersihin, karena sudah bertahun-tahun TPS itu bau. Walaupun sampahnya sering dibuang, tapi baunya masih nggak hilang. Harapannya, mudah-mudahan nanti enggak terulang lagi,” ucapnya. (rls)

Add Comment

Click here to post a comment

− 1 = 2