Bandar Lampung

Walikota Herman HN Tabur Bibit Ikan dan Tanam Pohon di Kompleks ITERA

Walikota Herman HN tebar bibit ikan. (ft.ben)

Bandar Lampung, LB- Walikota Bandar Lampung Drs. H. Herman di dampingi sejumlah pejabat dilingkungan Pemkot setempat, Kamis (31/1) kemarin, melakukan kunjungan ke kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Dalam kunjungan tersebut, Walikota bersama para pejabat, menyempatkan diri untuk menebar bibit ikan di embung kompleks Itera.
Sebelumnya, rombongan Walikota disambut oleh Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D dan staf serta mahasiswa.

Setelah berjalan kaki beberapa ratus meter, mereka tiba di embung Itera untuk menebar bibit ikan nila dan mas sebanyak 3500 ekor.

Dalam kesempatan itu, Herman HN mengatakan bahwan, kegiatan menebar bibit ikan ini telah dilakukan sebanyak tiga kali. “Ini sudah yang ke tiga kali. Yang pertama 8, kedua 10 ribu dan sekarang 3.500, kita tebar bibit ikan nila dan ikan mas. Mudah-mudahan separuhnya bisa hidup dan setahun kemudian, sudah bisa di pancing,” katanya.

Herman juga menerangkan, selain bibit ikan, pihaknya juga telah menanam berbagai macam pohon di Itera. Diantaranya pohon ketapang, mangga, jambu jamaika, durian dan nandak.

“Ketapang ada 3 ribu di tambah 500. Jadi total 3.500, termasuk pohon Mangga 200 batang, Jambu Jamaika 200 batang, Durian 250 batang dan Pohon Nandak 300 pohon,” imbuhnya.

Herman HN melanjutkan, dalam waktu dekat pihaknya akan kembali menanam 2.500 pohon. “Jadi saya minta disiapkan lubangnya pada pihak rektor. Sebanyak 2000 lubang, untuk ditanami pohon durian minimal 1.000 batang dan sisanya tanaman lain. Soal hidup apa tidaknya tanggung jawab rektor, kalau tidak hidup rektor yang disalahkan. Mudah-mudahan hidup semuanya. Sebab, saya ingin turut menghijaukan Itera, udara yang lebih bagus kebun raya nya bagus. Mari kita bangun Itera, agar dapat lebih bagus dan lebih besar, menjadi kebanggaan Lampung dan Sumatera,” tandas Herman bernada canda.

Ditempat yang sama, Rektor Itera Prof. Ofyar Z. Tamin menyambuat baik keikutsertaan Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam upaya melestarikan pohon penghijauan di komplek ITERA.

Rektor menjelaskan, Itera merupakan milik semua orang, maka pihaknya membuat kebun raya seluas 80 hektar dan saat ini masih tahap pembangunan. “Itera punya motto friendly, bukan hanya untuk mahasiswa Lampung. Tetapi semua orang, sebab kami ingin membuat kampus Itera menjadi milik bersama sesuai motto “konservasi untuk seluruh tanaman se- Sumatera”, ungkapnya.

Menanggapi adanya perhatian dari sang Walikota pada penanaman pohon penghijauan ini?, menurut Rektor, beliau (pak Walikota, red) sangat suka terhadap tumbuhan.

“Jadi apa yang kita minta, seperti bibit pohon, bibit ikan, dan sebagainya pasti dipenuhi, karena dia itu (pak Herman, red) merasa Itera milik Sumatera dan ia juga bertanggung jawab penuh. Oleh karenanya kami banyak dibantu oleh banyak pihak. Sebab, Itera bukan hanya milik provinsi, namun milik Sumatera,” jelasnya. (ben)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

+ 72 = 81